Wednesday, November 30, 2011

Sering Melakukan, Hati-hati Menjadi Kebiasaan

Ada pesan bijak dari seorang guru,
"Berhati-hatilah memikirkan sesuatu yang buruk, lama-kelamaan akan engkau lakukan"
"Berhati-hatilah bila engkau melakukan keburukan, bila berungkali bisa menjadi kebiasaan"
"Berhati-hatilah dengan kebiasaan burukmu, nanti bisa menjadi kepribadian dan tertanam dalam hati dan pikiranmu setiap waktu".

Kebiasaan entah baik atau buruk adalah sesuatu yang berulangkali kita kerjakan. Sesuatu perbuatan untuk menjadi kebiasaan setidaknya membutuhkan waktu (+-) 17 hari. Oleh karena itu, apabila hendak membiasakan sesuatu, cobalah pertahankan perbuatan tersebut setiap hari selama >= 17 hari. Sebagai misal, seseorang yang ingin meninggalkan kebiasaan merokok, hendaklah ia mencoba untuk tidak merokok sedikitpun selama lebih 17 hari. Demikian juga apabila seseorang ingin membiasakan tilawah setiap hari dengan kuantitas tertentu, maka cobalah lakukan selama lebih dari 17 hari. Insya allah, kebaikan-kebaikan yang istiqomah, walaupun sedikit, lebih bernilai di sisi Allah SWT dibandingkan dengan melakukan sesuatu yang tidak istiqomah.

Bagi seorang mahasiswa, perlu kiranya membiasakan aktivitas membaca materi kuliah atau pengetahuan lainnya di pagi hari, misal setelah shalat subuh dan cukup setengah atau satu jam saja. Mungkin bisa dilakukan sambil minum kopi atau teh anget, sepertinya nikmat kan.... tetapi buktikan bahwa susahnya minta ampun untuk membentuk menjadi sebuah kebiasaan.
Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment